STRATEGI WEAVE DRIBBLE

Weave dribble adalah kombinasi permainan basket khususnya untuk offensive melawan man to man defense.
Weave biasa di peragakan oleh 3 pemain yang bergerak secara bersamaan dengan 2 pemain lain sebagai screen. lebih mudahnya tentang taktik weave dribble silahkan lihat diagram dibawah ini



1) Pemain 1 mendribble bola ke arah pemain 2 dan melakukan screen untuk pemain 2, dengan cara pivot menggunakan kaki bagian dalam (kaki yang paling dekat dengan ring basket) sebagai tumpuan.

Pemain 2 memanfaatkan screen tersebut dan menerima bola hand off dari pemain 1. Agar lebih optimal, pemain 2 harus melakukan V cut terlebih dahulu sebelum hand off (timing sangat penting).




2)  Pemain 2 mendribble bola ke arah pemain 3 dan melakukan screen untuk pemain 3.

Pemain 3 memanfaatkan screen dari pemain 2. Jika screen tersebut berhasil menghalangi defender, maka pemain 2 melakukan reverse pivot dengan kaki bagian dalam sebagai tumpuan dan memberikan bola dengan cara hand off ke pemain 3.






3) Pemain 3 mempunyai kesempatan mencetak angka dengan melakukan drive ke ring basket.

Setelah pemain 2 melakukan pivot, harus segera bergerak cepat ke arah ring basket untuk memberikan opsi passing kepada pemain 3 (mirip gerakan pick and roll) atau untuk melakukan rebound.
4) Jika pemain 3 tidak bisa melakukan drive, maka pemain tersebut dapat mendribble bola ke arah pemain 1.
Pemain 2 bergerak keluar ke area wing.

Dari sini, strategi ini dapat diulang-ulang kembali. Kunci keberhasilan strategi ini adalah SPG (spacing, patience, dan good screen)

Weave dribble sangat berguna ketika melawan man to man defense, baik half court maupun full court. namun taktik ini agak sulit dipelajari jika pemain tidak saling mengerti satu sama lain.
Lebih baru Lebih lama