BELAJAR DEFENSE

Belajar Defense

Konsep Strong Side Weak Side

Teks diambil dari buku “Fundamental Basketball” yang ditulis Danny Kosasih
Defense adalah hal terpenting dalam bola basket. Kita boleh punya pemain dengan kemampuan menembak dan mencetak point yang bagus, tapi akan sia-sia jika kita tidak memiliki pemain dengan kemampuan defense yang baik pula. Oleh karena itu, mengajarkan  defense kepada pemain adalah point paling penting dalam sebuah tim. Berilah motivasi kepada setiap pemain bahwa Defense adalah hal yang paling menyenangkan karena mendekatkan kita akan kemenangan, dengan defense yang baik maka tidak akan menyenangkan bagi tim lawan karena membuat mereka semakin dekat dengan kekalahan (Coach Danny Kosasih)
Tujuan Utama Defense

  • Membuat lawan kesulitan untuk mencetak point dengan mudah
  • Membuat lawan menjadi tidak nyaman untuk melakukan offense
  • Mengubah tempo permainan tim lawan pada saat menyerang.
Selain melatih body control (sikap) defense, salah satu hal penting yang harus dipelajari oleh pemain muda adalah konsep Strong Side dan Weak Side.
Strong side adalah area dimana offender akan mencetak angka dengan mudah (area dimana bola berada) , sedangkan weak side adalah area dimana peluang offender untuk mencetak angka.
untuk memahami konsep tersebut maka kita dapat melihat gambar disamping :
Lapangan dibagi mejadi 2 bagian, area lingkaran disebut dengan  Strong Side kemudian area kotak disebut Weak Side.
Oleh karena itu, defender harus memprioritaskan menjaga offender yang berada di sisi Strong Side (area yang pemainnya dekat dengan Bola dan Ring).
•    Offender  1
merupakan prioritas pertama yang harus dijaga, karena memegang bola yang dapat mencetak angka dengan mudah
•    Offender  5
Merupakan prioritas ke-dua yang harus dijaga, karena posisi offender 5 lebih dekat dengan ring, dan offender 1 akan melakukan satu kali passing ke offender 3 .
Offender 3 1 h
  • Offender 3
Adalah prioritas ketiga, karena offender 3 jaraknya lebih jauh dari ring meskipun offender 1 hanya melakukan satu kali passing.
•    Offender  2
Adalah prioritas ke-empat yang harus dijaga, karena berada di daerah weak side meskipun offender 1 hanya satu kali passing ke offender 2
•    Offender 4
Prioritas terakhir yang harus dijaga, karena berada di weak side dan offender 1 akan melakukan
2 kali pasing ke offender 4

SELAMAT BERLATIH  GOOD LUCK  By Mandasportcenter
Lebih baru Lebih lama