PERKEMBANGAN BOLA TANGAN DI ASIA

      

       

Federasi bola tangan asia (Asian Handball Federation) terbentuk pada tahun 1974, pada waktu Asian Games berlangsung di kota Teheran. Kemudian pada tahun 1976 federasi ini dikukuhkan secar resmi di Kuwait.
            Syeikh Fahid Al-Ahmad Al Sabah yang ditunjuk sebagai presiden, menyadari pentingnya permainan bola tangan bagi para remaja di Asia. Syeikh Fahid memperoleh persetujuan resmi untuk melangsungkan kompetisi bola tangan pada acara Asian Games yang diselenggarakan di Teheran.
            Federasi bola tangan Asia dibentuk pada saat itu juga dan Syeikh Fahid terpilih dengan suara bulat sebagai Presiden dari federasi tersebut. Tokoh dari Kuwait itu menjadi seseorang yang mempunyai peranan yang besar dalam menggalang solidaritas dan persahabatan diantara negara-negara Asia melalui olahraga.
            Pemerintah Kuwait dengan murah hati memberikan dukungan keuangan dan moral untuk membantu kelangsungan hidup A.H.F. Markas besar A.H.F ditetapkan/berada di Kuwait. Presiden dan A.H.F selalu siap melayani negara-negara yang ingin bersekutu dan juga siap membantu segala sesuatu yang mungkin untuk mempromosikaan permainan bola tangan di negara-negara Asia.
            Anggota dari federasi mulai bertambah dan negara-negara baru mulai memainkan permaina bola tangan ini. A.H.F juga selalu mengadakan hubungan yang baik dengan I.H.F (International Handball Federation).
            Pada Asian Games yang diselenggarakan pada tahun 1986 di Seoul, Korea Selatan, Indoor Handball termasuk cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan pada Asian Games tersebut, negara-negara yang berhasil menempatkan diri dalam urutan juara Indoor Handball untuk putra adalah sebagai berikut : Korea Selatan, China dan Jepang.
Lebih baru Lebih lama